Selasa, 24 Juli 2012

Home » » Manfaat Humor Untuk Kesehatan

Manfaat Humor Untuk Kesehatan

Memiliki rasa humor yang tinggi ternyata ada manfaatnya, mungkin anda tidak percaya kalau rasa humor yang tinggi itu bagus untuk kesehatan??? Ya dengan memiliki humor yang tinggi ternyata penyakit stress itu bisa hilang dengan seketika juga.
manfaat humor, humor untuk kesehatan, cara mencari humor

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memerangi depresi dan pikiran negatif, salah satunya adalah melalui humor atau lelucon. Tapi ternyata ada banyak manfaat kesehatan yang didapat dari humor. Humor memang diketahui dapat menjadi obat yang mujarab untuk menghilangkan stres, depresi ataupun suasana hati yang buruk.

Ada beberapa manfaat humor bagi kesehatan seseorang, yaitu;

Humor bisa mengurangi rasa sakit.
Dr Elias Shay, kepala psikiatri dari Good Samaritan Hospital di Baltimore mengungkapkan dengan menonton komedi atau terlibat sesuatu yang berhubungan dengan lelucon bisa mengurangi rasa sakit yang dialami seseorang.

Humor bisa membuat rileks.
Seperti latihan pada umumnya, humor yang membuat orang tertawa akan bekerja untuk melawan stres kronis sehingga membuat seseorang merasa rileks atau santai.

Humor bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Studi yang dipimpin oleh Lee Berk dan Stanley A Tan dari Loma Linda University di Loma Linda, Califormia tahun 2006 ditemukan dua hormon yaitu beta endorfin (mengurangi depresi) meningkat 27 persen dan human growth hormone/hGH (yang membantu kekebalan tubuh) meningkat 87 persen ketika menonton video lucu.

Humor mengurangi stres.
Peneliti dari Loma Linda University juga menemukan humor dan lelucon bisa membantu mengurangi tingkat 3 hormon yang berhubungan dengan stres yaitu kortisol (hormon stres), epinefrin (adrenalin) dan juga hormon dopac.

Humor mengurangi rasa takut.
Humor adalah alat kebahagiaan yang paling mendasar. Secara fisiologis humor dapat menutupi rasa takut yang dialami oleh seseorang pada saat yang sama. Jadi humor bisa mengubah persepktif seseorang mengenai memori yang menyakitkan di masa lalu dan menggantinya dengan kebahagiaan.

0 Responses to “Manfaat Humor Untuk Kesehatan”

Posting Komentar

Humor Yang Baru Lewat